085252532009
2BF03909

Wisata di Singkawang

Singkawang merupakan sebuah derah yang berada di Kalimantan Barat, Kota ini mempunyai sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Singkawang. Singkawang punya banyak Spot objek wisata keren, mMulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata.

Jika Anda punya rencana untuk berlibur ke Singkawang, Jangan khawatir akan keindahannya, Kota ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini terkenal dengan wisata budaya Tionghoa, namun ternyata Kota ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun kota besar lainnya.

Baiklah agar tidak panjang lebar, langsung saja ke titik tujuan artikel ini di buat, Artikel ini bertujuan Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Singkawang yang paling indah, Terbaru dan di rekomendasikan untuk Anda Jelajahi berikut kami ulas secara singkat ada beberapa  Tempat Wisata di Singkawang Terbaru yang harus segera di explore:

  1. Pantai Kura-kura .  

    Pemandangan lokasi wisata ini cukup indah …. dimana pantai ini masih cukup asri…, ditambah dengan adanya pepohonan pinus yang ditanam oleh pengelola di sepanjang tepian pantai semakin menambah keindahan pantai ini…

    Dan sebuah bukit yang ada di pantai ini, dari bukit ini kita dapat melihat pemandangan yang lebih indah dimana pantai akan terlihat sangat berbeda di dekat bebatuannya… jika cuaca sedang bagus, kita bisa melihat sebuah pulau yang terdapat di seberang pantai… dan pada sore harinya kita dapat melihat sunset pula….Mempertahankan kondisi alam yang asli bisa menjadi konsep pengembangan objek wisata di Kalbar. Pantai Kura Kura dikelola memperhatikan konsep tersebut. Lingkungan pantai dipertahankan keasriannya sehingga turis asing pun tertarik menikmati keindahan alam.

  2. Danau Biru di singkawang.                    Danau biru di Jalan Wonosari, Roban, Singkawang Tengah itu memang ‘’anggun’’. Airnya jernih. Kebiruan. Demikian juga puncak bukit-bukit kecil menjulang. Menjadi sebuah kawasan yang menawan dan layak menjadi objek wisata baru. Promosinya cukup dari mulut- ke mulut. Ahmad Fahrozy, Singkawang

    KARENA air danau yang bewarna kebiruan inilah yang membuat kawasan ini kerap disebut Danau Biru. Cukup banyak ‘’wisatawan’’ yang mendatangi dan terpikat akan kecantikan si danau biru itu.Padahal, awalnya, kawasan ini adalah daerah tandung dan gersang. Kebanyakan digunakan untuk tambang emas. Ketika kawasan terbuka, membentuk kawah-kawah menganga yang dinilai merusak lingkungan.

    Tatkala emas sudah tiada. Ditinggal begitu saja. Lingkungan rusak. Tetapi, keajaiban terjadi dengan terbentunya danau-danau tersebut.‘’Memang indah. Saya sudah beberapa kali ke sini. Airnya jernih dan membiru. Setiap kali kesini seolah ada panggilan untuk berenang. Kapan lagi. Sayang kalau terlewati,’’ ujar Siman, 38 tahun, warga Pontianak yang pernah bertandang ke lokasi ini.

    Pemikiran Siman memang tak beda dengan lainnya. Saat bertandang ke sebuah tempat yang dinilai bagus, selain berselfi ria, tentu ingin merasakan apa yang ditonjolkan di kawasan itu.Padahal, sebagai lokasi eks PETI (penambangan emas tanpa izin), belum pernah diperiksa apakah kandungan air danau biru masih mengandung merkuri atau tidak.

    Sebagai tempat kawasan penambangan emas, tentu karib dengan zat untuk penggulung emas yang masih dalam bentuk butiran pasir tersebut. Di sisi lain, meski demikian, banyaknya warga yang tertarik ke kawasan tersebut. Bahkan beberapa kali terjadi kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa. Terakhir, pelajar SMP Negeri 3 bernama Yuni Witari Alias Yuni (16), Minggu (10/1) sekitar pukul 13.30 WIB ditemukan tewas di danau Biru.

    Berdasarkan data dari Bidang Wasdal Badan Lingkungan Hidup Kota Singkawang, diakui bahwa di wilayah Wonosari, ada beberapa kubangan air semacam danau terbentuk dari aktivitas Pertambangan emas ilegal yang berlangsung. Jika dilihat, memang nampak bagus. Tapi belum diketahui bagaimana bahaya yang ditimbulkannya.Lantaran karakteristiknya bukanlah danau alam, tetapi eks penambangan. Baik dari unsur kandungan air ataupun tanah yang ada di tempat tersebut, maupun karakteristik danau itu sendiri.

    Warga sekitar Danau Biru, mengaku kurang begitu tahu persis sejak kapan Danau tersebut ada. Hanya saja, ada yang menyatakan dulunya memang ada sebuah kolam, namun ukurannya tidak seperti sekarang.“Ada memang danau, tapi tidak seperti sekarang. Bahkan dulunya tempat untuk berkembang biak salah satu jenis ikan,” kata Amran, warga sekitar.